en id

Periskapura Bandara Syamsudin Noor Sosialisasikan Kanker Serviks

23 Oct 2017

kembali ke list


Banjarbaru – Kanker serviks atau yang biasa dikenal masyarakat umum dengan kanker mulut rahim masih awam bagi sebagian besar orang. Jika diabaikan akan berakibat fatal, bahkan bisa berujung kematian. Padahal, penyakit ini dapat dicegah. Hal ini terungkap pada kegiatan Sosialisasi kanker serviks yang diselenggarakan di Hotel Jelita Banjarbaru pada 23 Oktober 2017 yang diselenggarakan oleh Persatuan Isteri Karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Syamsudin Noor yang juga diikuti oleh karyawati Bandara Syamsudin Noor.

Shared Services Department Head Bandara Syamsudin Noor, Alfasyah mengungkapkan “Sosialisasi kanker serviks kali ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Periskapura ke 17 tahun. Selain itu juga sebagai cara kami untuk memperingati Bulan Kanker yang jatuh pada Oktober ini. Tentunya ini sangat penting untuk mengantisipasi indikasi terjadinya kanker serviks baik bagi karyawati maupun isteri karyawan sendiri.” Ungkapnya.

Beliau menambahkan selama ini program-program Periskapura telah mewarnai kegiatan Bandara Syamsudin Noor secara korporasi dan sangat bermanfaat. Ke depannya diharapkan Periskapura akan lebih aktif terlebih dengan hadirnya pemimpin baru Bandara Syamsudin Noor.

Seminar deteksi dini kanker serviks kali ini dibawakan oleh Dr. Ery Doni Wahyudi yang merupakan Dokter Poliklinik Bandara Syamsudin Noor. Bertemakan “Dengan semangat kebersamaan, kita tingkatkan kepedulian bagi sesama” kegiatan ini tidak hanya memberikan sosialisasi kanker serviks melainkan juga IVA test (inspeksi visual dengan asam asetat).

Dikatakan, kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi. Oleh karena itu, saat tahap awal perkembangannnya, akan sulit untuk dideteksi. Disarankan para perempuan untuk melakukan tes pap smear setidaknya dua tahun sekali melakukan test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) dan lain-lain.

Sosialisasi ini sekaligus ajang perkenalan bagi Ibu Marnis Wahyudi, Ketua Periskapura Bandara Syamsudin Noor yang baru. 

“Sebelumnya kami sudah melaksanakan program serupa di Bandara El Tari Kupang dan selanjutnya setelah mendapat tugas baru di Banjarmasin semoga kita semua dalam keadaan sehat sehingga program-program di Banjarmasin akan semakin beragam dan bermanfaat.” Ungkapnya.

Dr. Ery Doni Wahyudi menekankan “Cara mencegah penyakit ini diantaranya dengan ; jalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi. Selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan, dan lain sebagainya.” katanya (Humas BDJ)