en id

Bandara Syamsudin Noor Tanda Tangani Nota Kesepahaman Dengan Basarnas & Damkar Banjarbaru

28 Feb 2017

kembali ke list


BANJARBARU - Setelah  sebelumnya melakukan kerjasama dengan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya untuk  tingkatkan kesiapan penyelenggaraan penerbangan di luar jam operasional, pada28  Februari 2017 Bandara Syamsudin Noor kembali menggandeng Badan SAR Banjarmasin  dan UPT Damkar Banjarbaru untuk tingkatkan pelayanan dalam hal keselamatan penerbangan. Bertempat di Ruang Rapat Kayuh Baimbai Bandara Syamsudin Noor,kerjasama berupa pnandatanganan nota kesepahaman ini selain dihadiri oleh  Kepala Kantor SAR Banjarmasin, Abraham  Benyamin Kolimon dan Kepala UPT Damkar Kota Banjarbaru Akhyar Azidinsyah, juga dihadiri oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah III, Dadun Kohar dan Direktur Teknik PT Angkasa Pura I, Polana B. Pramesti.

Terkait maksud dan tujuan penandatanganan nota  kesepahaman operasional (Letter of  Operation Coordination Agreement ) tersebut General Manager, Handy  Heryudhitiawan menjelaskan "Kerjasama dengan Basarnas ini sangat penting sebagai  pedoman bagi kami dalam mengambil sikap dan tindakan terpadu terkait tindakan  pencarian dan pertolongan terhadap pesawat udara." ujarnya

"Tujuannya untuk melaksanakan kerjasama dalam  bidang pencarian dan pertolongan pesawat udara dengan cepat, efektif dan  efisien untuk mengurangi korban sesuai peraturan yang berlaku baik nasional  maupun dan/atau internasional." Tambah Handy.

Kepala Kantor SAR Banjarmasin, Abraham Benyamin  Kolimon menanggapi "Ruang lingkup kerjasamanya diantaranya menjalin hubungan  intensif melalui jejaring komunikasi terkait informasi berita kesiagaan  (alerting service) dari Air Traffic  Service Unit terhadap adanya informasi pesawat udara yang memerlukan  pencarian dan pertolongan serta penyediaan sarana dan prasarana pencarian dan  pertolongan." katanya

Selain Basarnas, Bandara Syamsudin Noor juga  bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Damkar Kota Banjarbaru untuk penangggulangan kebakaran gedung atau domestic firedi wilayah Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

"Kalau dengan UPT Damkar Banjarbaru rang lingkup  nota kesepahaman ini mencakup keadaan darurat kebakaran gedung atau domestic fire di wilayah bandara danhal-hal lain yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan." Tutur Handy  Heryudhitiawan.

Terkait tugas dan tanggung jawabnya, Kepala UPTDamkar Kota Banjarbaru Akhyar Azidinsyah "Kami melaksanakan tugas pokok dalampencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di wilayah Kabupaten/Kota yangtelah ditentukan serta tentunya memberikan bantuan penaganan keadaaan darurat  selain kebakaran sesuai dengan wilayah yang telah ditentukan." Ungkapnya.

Kepala Otoritas Bandara III, Dadun Kohar yang jugaturut menyaksikan kerjasama tersebut mengapresiasi upaya Bandara Syamsudin Noordalam hal koordinasi mendukung keselamatan penerbangan. Terlebih dengan telah dilaksanakannya berbagai program pelatihan penanggulangan darurat yang melibatkan berbagai instansi.

"Upaya-upaya meningkatkan pelayanan dan keselamatan  penerbangan ini harus terus dipertahankan." Tutur Dadun Kohar. (Humas BDJ)