20 Feb 2017
kembali ke listBANJARBARU - Bandara Syamsudin Noor mengawali perayaan HUT PT Angkasa Pura I ke 53 tahun dengan pelaksaan apel pagi bersama pada Senin, 20 Februari 2017 bersama dengan anak perusahaan seperti Angkasa Pura Support, Angkasa Pura Hotel, Angkasa Pura Retail, Angkasa Pura Property, Angkasa Pura Logistik serta jajaran Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor di pelataran Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor.
Dalam sambutan Direktur Utama PT Angkasa Pura I yang dibacakan oleh General Manager Bandara Syamsudin Noor, Handy Heryudhitiawan disampaikan berbagai inovasi yang telah dilaksanakan sehingga perusahaan mampu meraih prestasi korporasi salah satunya adalah "The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2015" dalam Airport Service Quality (ASQ) Award yang diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI).
Selain itu, 10 dari 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah Pelayanan Prima 2016 dari Kementerian Perhubungan RI, salah satunya adalah Bandara Syamsudin Noor yang meraih penghargaan pelayanan prima pratama.
Selain prestasi-prestasi tersebut, kabar baik juga datang dari kinerja PT Angkasa Pura I di tahun 2016 lalu yang sangat positif. Selama 2016 PT Angkasa Pura I melayani sebanyak 84,7 juta penumpang, atau masih mamputumbuh double-digit sebesar 14,3 persen dibandingkan tahun 2015. Selain itu, trafik pesawat tercatat 762 ribu pergerakan atau naik 8,8% dibandingkan tahun lalu, serta kargo sebanyak 362,5 ribu ton atau meningkat 11,4%.
Senada dengan pidato Dirut, Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor juga menunjukan perkembangan positif pasca membaiknya perekonomian Kalsel. General Manager, Handy Heryudhtiawan menjelaskan "Tercatat di tahun 2016 total pesawat datang dan berangkat sebanyak 29.523 atau naik sebesar 2,61% dari tahun 2015 yang berjumlah 28.772. Total penumpang datang dan berangkat di tahun 2016 sebanyak 3.613.473 atau naik sebesar 4,1% dari tahun2015 yang berjumlah 3.470.928. Untuk kargo naik 5,4 % dari 22.051.628 kg ditahun 2015 menjadi 23.242.666 di tahun 2016." Tuturnya.
Tahun 2016 ini juga menjadi tahun yang istimewa karena Bandara Syamsudin Noor berhasil meraih sejumlah pencapaian diantaranya penghargaan Walikota Banjarbaru sebagai pembayar pajak terbesar,penghargaan sebagai pendukung fasilitasi promosi UMKM serta dukungan perkuatan modal UMKM, penghargaan atas dukungan dan partisipasi mempromosikan Kota Banjarbaru, serta perolehan sertifikikat berstandar internasional ISO 9001:2008 untuk kategori pelayanan jasa penumpang pesawat udara / PJP2U. Pengukuran yangdilaksanakan pada tanggal 1 hingga 7 April 2016 ini menghasilkan nilai 4,15 atau naik dari tahun 2015 lalu yang bernilai 3,95. Nilai tersebut menandakan bahwasannya pengguna jasa merasa puas dengan keseluruhan pelayanan yang diberikan Bandara Syamsudin Noor.
Pelaksanaan apel pagi semakin menarik setelahGeneral Manager Bandara Syamsudin Noor secara spontan memanggil salah satu namakaryawan yang tepat di tanggal 20 Februari 2017 tengah berulang tahun. DutaBandara muncul dengan membawa kue ulang tahun persembahan manajemen dan alunan instrumenulang tahun mengiringi pemberian kejutan istimewa untuk karyawan atas nama Pandji A. tersebut.
"Di tahun 2017 ini kita akan memfokuskan diri dalam percepatan pembangunan infrastruktur beberapa bandara, seperti Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Yogyakarta. Hal ini sebagai upaya untuk mengatasi lack of capacity agar dapat meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa bandara, yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan perusahaan." tutur Handy Heryudhitiawan saat membacakan sambutan Dirut PT Angkasa Pura I.
PT Angkasa Pura I mencanangkan tema "Mewujudkan Perusahaan Pengelola Bandara Kompetitif di Asia sebagai Langkah Nyata Membangun Kebanggaan Bangsa". Maksud tema ini adalah bahwa sesuai dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) 2014-2020, pada tahun 2017 perusahaan kita menetapkan roadmap sebagai perusahaan pengelola bandara kompetitif di Asia. (Humas Bandara Syamsudin Noor/YM)