en id

Bandara Syamsudin Noor Gelar Fire Prevention & Protection

26 Apr 2018

kembali ke list


Banjarbaru (26/4) - Bandara Syamsudin Noor menggelar sosialisasi dan simulasi yang bertajuk Fire Prevention and Protection pada 26 April 2018. Program yang diinisiasi oleh Airport Rescue & Fire Fighting Section ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan diri terhadap bahaya kebakaran di lingkungan kerja Bandara Syamsudin Noor. Bertempat di gedung Airport Rescue & Fire Fighting, acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 wita serta dihadiri oleh sejumlah karyawan dari Bandara Syamsudin Noor, perwakilan tenant, dan cleaning service dari PT Angkasa Pura Support.

Airport Rescue and Fire Fighting Section Head, Trisno dalam pembukaannya mengungkapkan “Kegiatan ini penting bagi kita semua, bukan hanya bagi internal namun juga pengelola usaha dan bahkan petugas kebersihan yang sehari-hari berhadapan dengan kondisi operasional. Kita harus selalu waspada bilamana ada kejadian yang tidak diinginkan seperti kebakaran maka kita sudah memiliki kesiapan.” Ujarnya

Sosialisasi dan simulasi kali ini tidak hanya tentang penanganan kebakaran menggunakan metode fire blanket atau pemadaman menggunakan kain basah serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR) melainkan juga menambahkan simulasi pemadaman kebocoran tabung gas yang dibawakan oleh personil AFFR.  

Peserta mendapatkan pengarahan berupa materi dasar prinsip terjadinya api, penempatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan cara menggunakan APAR serta pemadaman tabung gas. Setelah itu sejumlah personil professional pun diturunkan untuk melatih peserta dalam simulasi pemadaman kebakaran.

Dalam kesempatan yang sama, Trisno juga menjelaskan “Untuk simulasi kali ini kita tambahkan pemadaman tabung gas karena ini merupakan perkakas rumah tangga yang sangat dekat dengan kita semua. Semoga ini bermanfaat tidak hanya di lingkungan kerja melainkan di rumah masing-masing. Selanjutnya diharapkan yang hadir saat ini dapat membagikan ilmunya kepada orang lain.” Tambah Trisno.

Ia pun mengapresiasi seluruh peserta yang sangat antusias dalam berlatih pemadaman. Ke depannya, simulasi yang sama namun dengan topik berbeda akan kembali digelar pada akhir tahun 2018. Selain itu, dalam waktu dekat juga akan diadakan General Refreshing untuk personil ARFF yang bertujuan untuk mengingatkan kembali praktek-praktek penyelamatan dan penanganan kebakaran yang terjadi di lapangan. (Humas BDJ)